Fakta Unik Negara Vatikan yang Tidak Diketahui

Fakta Unik Negara Vatikan yang Tidak Diketahui

Fakta Unik - Sejauh ini, Kota Vatikan diketahui jadi tempat tempat tinggal Paus serta berubah menjadi tempat tempat pusat Gereja Katolik Roma. Demikian pula dengan Kapel Sistine serta Basilika Santo Petrus yang tersohor sedunia. 

Akan tetapi, nyatanya ada berbagai perihal lainnya terkait Vatikan yang tdk terus-terusan didapati orang. Umpamanya, tdk ada satupun penduduk Vatikan yang lahir dalam negara itu. Demikian pula dengan bukti terkait tingkat paling tinggi mengonsumsi wine sedunia sekaligus juga tingkat kriminalitas paling tinggi per kapita di Vatikan, biarpun kedua-duanya tdk terkait. 

Fakta Unik Negara Vatikan


Negara vatikan yang disebut sebagai negara paling kecil di dunia yang dikepalai oleh paus. Yuk disimak artikel kami yang menceritakan tentang keunikan-keunikan yang terdapat pada negara vatikan ini.

1. Negara Paling kecil Sedunia 


Kota Vatikan mempunyai titel buat beberapa soal, umpamanya jadi tempat kehadiran karya seni sangat tenar sedunia, atau juga ada yang mengatakannya jadi tempat sangat spriritual untuk umat Katolik. Namun, yang jelas, ia ialah negara sangat kecil sedunia. Kota-negara merdeka ini cuma seluas 44 hektar, hingga bahkan juga lebih kecil dibanding taman Centennial Park di Sydney yang seluas 189 hektar. Masyarakatnya cuma 842, hingga ia sekaligus juga berubah menjadi negara berpenduduk sangat dikit. 

Biarpun paling kecil, negara itu mempunyai kantor pos sendiri (ataupun perangko sendiri), stasiun kereta, stasiun radio, bendera, serta lagu berkebangsaan. Negara itu bahkan juga membuat sendiri mata uang euro mereka, yang dikasih gambar kepala Paus. 

2. Cukuplah Muda 


Memang benar, Gereja Katolik udah ada buat jangka periode yang cukuplah panjang. Namun tdk demikian perihal dengan Vatikan yang baru berdiri pada 1929 menurut Kesepakatan Lateran. Kesepakatan itu menyatakan Vatikan jadi negara merdeka. 

Yang menarik, nyatanya Benito Mussolini ialah pihak yang membubuhkan tangan tangan peresmian kesepakatan. Mussolini ialah seseorang diktator Italia pada waktu itu. 

3. Warisan Dunia UNESCO 


Italia ialah negara yang sangat banyak mempunyai situs warisan dunia vs UNESCO, namun Vatikan ialah salah satu negara komplet yang berubah menjadi situs UNESCO semenjak 1984. Buat kenang-kenangan, silakan stempel paspor sewaktu masuk negara itu. 

4. Penduduk Kelahiran Luar Negeri 


Butuh lebih dari semata-mata kelahiran di Vatikan yang membuat seorang berubah menjadi penduduk negara. Bukan juga semata-mata mempunyai orang-tua yang penduduk Vatikan. Untuk jadi warganegara, seorang mesti bekerja disana. Kewarganegaraan tdk ditanggung menurut tempat kelahiran, namun cuma mereka yang bekerja disana. Karena itu, bila seorang kehilangan tugasnya, jadi kewarganegaraannya juga dicabut serta beberapa orang yang bukan penduduk mana saja dengan automatic berubah menjadi penduduk negara Italia. 

5. Pencinta Wine 


Biarpun banyaknya penduduknya dikit, Vatikan berubah menjadi pencinta wine tertinggi buat tiap-tiap penduduknya. Menurut kajian oleh Wine Institute, dengan rata-rata, tiap-tiap penduduk disana nikmati 54, 26 liter per tahun. Namun ada alasannya. Sebagian besar wine itu diberikan kala pelaksanaan beribadah komuni. 

6. Gak Senantiasa Tempat tinggal Paus 


Sebelum berkedudukan di Vatikan, banyak Paus tinggal di Istana Lateran, di seberang Vatikan serta masuk dalam kota Roma. Pada 1309, tahta Paus ganti ke Avignon, Prancis. Sewaktu kembali pada Roma pada 1377, Istana Lateran hancur dalam kebakaran serta kepausan dipindahkan ke Vatikan. 

7. Pengawal Bangsa Swiss 


Pengawal Swiss buat Kepausan yang bertanggungjawab atas keselamatan Paus dibuat pada 1506 oleh Paus Julius II. Buat dipilih lakukan itu, persyaratannya ialah pria bujang Katolik penduduk Swiss berumur pada 19 serta 30 tahun, sedikitnya setinggi 174 cm. Orang itu harus mempunyai kursus basic militer Swiss. Mereka rata-rata kelihatan mengontrol titik-titik kontrol serta ikut juga dalam upacara-upacara. Kostumnya berwarna biru muda, merah, oranye, serta kuning. Gampang kelihatan. 

8. Angka Kriminalitas Tertinggi 


Siaga pergi kesana, lantaran umumnya kejahatan disana ialah pencopetan. Dengan demikian jumlah turis, Vatikan berubah menjadi surga untuk pencopet serta perampas. Menurut sebagian orang, hal tersebut dikarenakan oleh ketiadaan penjara periode panjang. Namun, juga ada kejahatan-kejahatan besar. Pada 2007, Vatikan kali pertamanya mempunyai masalah sehubungan narkoba sewaktu seseorang pegawai didapati mempunyai kokain. Pada 1998, komandan Pengawal Swiss yang baru dilantik serta istrinya dibunuh didalam satu apartemen. 

9. ATM Berbahasa Latin 


Bank Vatikan ialah salah satu dalam dunia yang tawarkan ATM dengan bermacam bhs. Satu strategi simple, kalaupun ada tulisan " inserito scidulam quaeso ut faciundam cognoscas rationem ", itu bermakna panduan buat memasukan kartu supaya service di awali. 

10. Arsip Rahasia Vatikan 


Sejap Paus Leo XIII mempersilahkan banyak sarjana mendatangi Arsip Rahasia Vatikan pada 1881. Pada waktu saat ini, cuma banyak periset serta sarjana terpercaya saja yang bebas melihat dokumen serta surat-menyurat di dalamnya. Terdapat beberapa yang dapat dibaca disana, lantaran dokumen yang ada membentang dalam rentang waktu 1. 000 tahun. Namun jangan sampai menganggapnya seperti mendatangi perpustakaan, lantaran dilarang merambah di dalamnya. Banyak pengunjung mesti memaparkan yang dicari bahkan juga sebelum bertandang. 

11. Basilika Santo Petrus 


Tdk kebanyakan orang ada ke bangunan suci itu buat kepentingan spiritual. Hiasan susah emas, tiang-tiang pualam, patung-patung tenar, lukisan-lukisan, serta beberapa mahakarya seniman tenar seumpama Michelangelo berubah menjadi daya tarik turis. Demikian pula dengan Bernini. Michelangelo ialah perancang kubah Basilika itu. Juga ada pengunjung yang menaiki tangga setinggi lebih dari 300 langkah buat dapatkan panorama gak tergantikan kota Romawi. 

Ditengah alun-alun Santo Petrus ada obelisk Mesir setinggi kurang lebih 25 mtr. yang baru dipancangkan disana pada 1586. Beberapa benda yang ada dibawah permukaan juga gak kalah fantastis, lantaran Basilika itu dibikin diatas sejumlah makam, termasuk juga makam Santo Petrus. 

12. Koleksi Paling besar Lukisan 


Museum, Vatikan dibuat pada awal Masa ke-16 oleh Paus Julius II. Tempat itu berubah menjadi rumah untuk salah satunya koleksi seni paling hebat sedunia. Di dalamnya ada kurang lebih 70 ribu karya seni. Kurang lebih 20 ribu salah satunya dipajang. Kurang lebih 4 juta pengunjung tiap-tiap tahun ada terkagum pada karya-karya utama seumpama langit-langit Kapel Sistine yang dilukis oleh Michelangelo, Area Raphael, serta Museo Pio-Clemento. 

13. Penolakan Michelangelo 


Michelangelo masihlah berumur 30-an serta tengah lakukan makam pualam buat Paus Julius II sewaktu ia lalu diperintah buat hiasi langit-langit Kapel Sistine. Yang menarik, ia tdk menyikapi ajakan itu. Ia berkilah jika dirinya sendiri ialah seseorang pemahat, bukan pelukis. Lalu baru ia terima pekerjaan itu serta menyempatkan diri bertahun-tahun lakukan lukisan legendaris itu. Yang lebih fantastis, Michelangelo serta timnya berdiri diatas tangga buat melukis langit-langit. Saat ini, kapel itu adalah tempat penentuan Paus baru. 

14. Hari Rabu Istimewa 


Ada banyak peluang buat langsung menyaksikan Paus, ialah tiap-tiap Rabu, kurang lebih jam 10. 30 pagi sewaktu ia bekerja lewat Alun-alun Santo Petrus serta bicara pada publik memanfaatkan sejumlah bhs, terus disudahi dengan pemberian atas untuk beberapa orang yang tengah berhimpun. Buat menghadirinya, butuh pesan ticket. Ticket pesanan itu nanti diambil dari Pengawal Swiss di Pintu Perunggu Vatikan. Juga ada ticket buat beberapa orang yang lupa lakukan reservasi. 

No comments:

Post a Comment