Fakta Unik Belut Listrik

Fakta Unik Belut Listrik
Belut Listrik

Fakta Unik
- Tiap-tiap hewan mempunyai kekhasan serta karakter sendiri-sendiri yg menarik untuk dipelajari. Kekhasan serta ciri-khas itu membuat hewan khusus jadi ringan dikenali, diantaranya ialah belut listrik. Belut listrik mempunyai nama ilmiah Electrophorus electricus. Belut listrik datang dari daratan Amerika Selatan yg penyebarannya hingga sekarang belum juga demikian luas. Hewan ini seringkali didapati di sungai Amazon serta Orinoco.

Karakteristik Belut Listrik


Belut listrik dapat tumbuh sampai panjang meraih 2, 5 mtr. serta berat 20 kg. Namun biasanya belut listrik mempunyai panjang kurang lebih 1 mtr.. Sesuai namanya, belut listrik adalah ikan air tawar yg dapat membuahkan, mengatur, serta memanfaatkan kapasitas arus listrik dari dalam tubuhnya sendiri. Saluran listrik ini dimanfaatkan berburu mangsa atau membela diri.

Berdasar pada hasil analisa, belut listrik nyata-nyatanya dapat keluarkan saluran listrik sampai meraih 600 volt. Kebolehan listrik sebesar itu pasti sangatlah mematikan, bahkan juga dapat membunuh manusia. Perihal ini pula yg membuat argumen jika hewan ini cukuplah ditakuti, bukan cuma oleh hewan berbeda namun juga manusia. Cukup dengan sekali sengatan dari tubuhnya, belut listrik akan dapat melumpuhkan seekor buaya besar. Buaya akan bergetar sangatlah hebat karena sengatan listrik yg besar serta mematikan yg dibuat oleh belut listrik.

Bentuk badan belut listrik ialah unik, sebab hampir 7/8 sisi tubuhnya berbentuk ekor. Di bagian ekor ini dia ada baterai-baterai kecil berbentuk lempengan-lempengan kecil yg tersusun horizontal serta vertikal bernama electrocytes. Baterai-bateri itu dapat menaruh listrik yg seperti battery biologis mini dengan banyaknya banyak sekali, lebih dari 5. 000 buah. Saat melawan ancaman atau melumpuhkan mangsa, beberapa sel lekas melepas muatan listrik dalam tempo bertepatan.

Tegangan Listrik Pada Belut Listrik


Sebetulnya, tegangan listrik setiap battery mini pada belut listrik tidak besar. Namun, jikalau semua unsur battery di kaitkan dengan cara seri, maka diraih tegangan listrik kurang lebih 600 volt. Anda banding dengan sebuah batu battery yg mempunyai tegangan 1, 5 volt. Ujung ekor belut berperan sebagai kutub positif battery serta ujung kepalanya berperan sebagai kutub negatif. Belut listrik bisa mengatur interaksi pada battery kecil dalam tubuhnya itu untuk mendapatkan tegangan listrik kecil serta tegangan listrik besar.

Belut listrik dapat membuat perubahan muatan listrik yg da didalam tubuhnya saat dianya tengah bernavigasi atau terancapm. Saat navigas, belut listrik cuma keluarkan dikit muatan listrik. Disaat bertemu dengan musuh atau mangsanya, karena itu belut listrik akan keluarkan tegangan listrik semaksimal mungkin melalui cara tempelkan kepala serta ekornya pada badan musuh atau mangsanya itu. Sengatan listrik ini dengan lekas dapat melumpuhkan bahkan juga membunuh sekejap.

No comments:

Post a Comment