4 Masalah Kecil yang Menimbulkan Perubahan Sejarah di Dunia

Fakta Unik - Dalam perubahannya, menguak histori hampir tentu tetap mengagetkan, penuh dengan fakta-fakta yang kadang lewat dari perkiraan. Kenyataan diatas, menurut banyak sejarawan, bisa dinyatakan sama dengan ide "dampak kupu-kupu," dimana bahkan juga pemicu paling kecil bisa mempunyai konsekuensi besar yang tidak tersangka. Arti diatas adalah suatu analogi yang dikatakan oleh Edward Lorenz, seseorang profesor meteorologi di Massachusetts Institute of Technology.

Lorenz memakai program computer untuk mensimulasikan alur cuaca dengan selusin variabel dalam periode waktu yang lama. Lorenz memerhatikan jika cuma membulatkan satu variabel dari .506127 ke .506 cukup sudah untuk merubah semua alur dengan mencolok, serta dia menyamakannya dengan kepakan sayap kupu-kupu, yang memengaruhi tornado beberapa minggu lalu.

Begitu juga pada histori, kadang ada banyak perkiraan yang selintas tidak bermakna apa-apa, akan tetapi dapat menguak rahasia besar dari satu hal, yang nantinya merubah dunia. Berikut beberapa hal kecil yang nyatanya dapat merubah histori dunia sampai sekarang ini.

4 Masalah Kecil yang Menimbulkan Perubahan Sejarah di Dunia



1. Kunci Hilang Yang Dapat Selamatkan Titanic 


Kapal Titanic
Kapal Titanic

Tiruan ini menghabiskan waktu 700 jam untuk membangunnya. (Titanic Museum)
David Blair merupakan pelaut sekaligus juga pedagang asal Inggris yang ditunjuk oleh White Star Line pada tahun 1912 menjadi perwira ke-2 dari Titanic. Dia berperan serta dalam eksperimen laut, tapi beberapa waktu sebelum pelayaran perdana kapal, dia digantikan oleh Henry Wilde yang lebih memiliki pengalaman.

Di dalam aktivitas persiapan pelayaran perdana Titanic, Blair menyengaja ambil kunci loker utama, yang lalu jadi panduan dalam penyelidikan kenapa teropong maritim tidak diketemukan waktu kapal elegan itu akan terbenam.

Salah satunya saksi tragedi yang masih tetap hidup, Frederick Fleet, bersaksi jika teropong akan sangat mungkin awak kapal lihat gunung es, jauh sebelum punya potensi menabraknya. Beberapa saksi hidup yang lain juga terasa jika kunci yang hilang itu akan merubah jalannya momen nahas itu, walau banyak pula yang tidak demikian meyakini.

Menjadi permulaan, beberapa vs narasi menyampaikan anggota kru tidak bisa temukan teropong karena Blair tinggalkan di kabinnya, atau karena dia membawa juga dengannya. Lagi juga, berdasar sebagian analis, bila produk optik itu terpenting, awak kapal bisa jadi membobol loker atau menyiapkan cadangan sebelum pergi.

2. Kekeliruan Catat yang Mengakibatkan Kericuhan Suatu Pemerintahan 


alquran
Al-quran

Pada pandangan pertama, salah tulis tidak terlihat seperti permasalahan besar. Ini merupakan kekeliruan yang bisa berlangsung pada siapapun, serta banyak orang memakluminya karena masih tetap dapat memahami akan tujuannya.  Akan tetapi, dengan historis, terdapat beberapa contoh kekeliruan catat yang berbuntut pada kerugian besar, seperti berlangsung pada 1999 yang lalu, saat hal itu membuat kacau parlemen Kuwait.

Gagasan awal merupakan untuk cetak vs negara dari Al-Quran yang akan ada dengan gratis untuk semua rakyat. Akan tetapi, siapa juga yang bertanggungjawab atas penerbitan tidak lakukan pekerjaan yang begitu baik, karena buku-buku suci itu memiliki kandungan beberapa ayat yang salah bikin, sesaat yang lainnya hilang.

Selang beberapa saat, hal itu mengakibatkan perselisihan, dengan sejumlah besar kemarahan diarahkan pada menteri masalah Islam, Ahmad al-Kulaib. Dia melawan mosi tidak yakin. Akan tetapi, ini kurang untuk bikin pro-kontra mereda, serta Emir Kuwait, melawan desakan yang makin besar, mesti membubarkan Majelis Nasional untuk menahan gejolak.

3. Perjalanan Kereta yang Menyebabkan Penemuan Penyembuhan Molekular 


Dokter
Dokter Cantik

Linus Pauling dengan luas dipandang seperti salah satunya ilmuwan paling besar Era ke-20, dimana ia sukses kantongi dua penghargaan Nobel. Selama ini, Pauling terkenal menjadi salah satunya perumus biologi molekuler, yang begitu tertarik untuk pelajari susunan protein.

Pada 1949, Pauling, dengan sesama pakar, Harvey Itano, S.J. Singer, serta Ibert Wells, menerbitkan suatu makalah yang dimaksud "Anemia Sickle Cell, Penyakit Molekuler," yang memberi bukti pertama untuk penyakit manusia yang dikarenakan oleh protein abnormal.

Hal tersebut lalu dipandang seperti basic untuk bagian kedokteran molekuler, serta nyatanya diketemukan dengan tidak menyengaja dalam suatu perjalanan kereta, yaitu lewat pertemuan dengan seseorang pria muda yang baru mencapai titel doktoral dari University of Johns Hopkins, bernama Irving Sherman  Pemuda itu memerhatikan jika sinar yang melalui beberapa sel darah merah pasien, ditransmisikan dengan berlainan dibanding lewat beberapa sel biasa yang tidak seperti prediksi togel yang selalu berlawanan dengan prediksi-prediksi lainnya.

Dia menerbitkan temuannya, tapi tidak ada yang betul-betul berlangsung, sampai akhirnya nasib membawanya berjumpa Pauling yang ketertarikan, serta mengajaknya bekerjasama dalam suatu project riset, dengan hasil penyembuhan molekular.

4. Up-date Software yang Melumpuhkan Bank Raksasa 


Bank
Bank

Pada 19 Juni 2012, semestinya jadi hari-hari biasa buat Group Royal Bank of Scotland (RBS Grup). Staf teknisnya mesti mengaplikasikan patch reguler ke piranti lunak CA-7, yang mengatur skema pemrosesan pembayaran bank.  Seperti beberapa outlet memberikan laporan, pekerjaan ini diserahkan pada "operator yang tidak memiliki pengalaman." Mereka berusaha untuk menambal piranti lunak serta alami kekeliruan, walau bukan permasalahan besar saat itu

Sayangnya operator itu sudah sempat seringkali lewat memonitor pekerjaan yang tengah ditanganinya, hingga satu saat salah seoang anggota staf RBS dengan tidak menyengaja meniadakan antrean pembaharuan semua skema.

Kecerobohan itu membuat sangat banyak info terpenting, harus, diolah lagi dengan satu per satu, dimana hal itu menyebabkan resiko keamanan yang cukuplah tinggi. Saat enam hari, juta-an orang tidak bisa menarik uang dari rekening mereka atau lakukan transaksi on-line. Beberapa terlambat lakukan pembayaran hipotek atau tagihan, sesaat yang lainnya terlantar tanpa uang diluar negeri.

No comments:

Post a Comment