15 Fakta Unik Tentang Piala Dunia

15 Fakta Unik Tentang Piala Dunia

Fakta Unik - Piala Dunia FIFA (bhs Inggris : FIFA World Cup) atau seringkali dimaksud Piala Dunia saja, yaitu laga sepak bola internasional yg disertai oleh timnas putra senior anggota Federasi Sepak Bola Internasional (Fédération Internationale de Football Association, FIFA), tubuh pengontrol sepak bola dunia. Kejuaraan ini udah digelar tiap-tiap empat tahun sekali sejak mulai kompetisi 1930, terkecuali pada tahun 1942 serta 1946, yg tak digelar sebab Perang Dunia II. Juara Piala Dunia sekarang yaitu Perancis, yg memenangkan kompetisi 2018 di Russia.

15 Fakta Unik Tentang Piala Dunia
Pemenang Piala Dunia Russia 2018


Format kompetisi sekarang disertai oleh 32 team yg beradu merebutkan titel juara di gelanggang olah-raga di negara tuan-rumah kurun waktu lebih kurang 1bulan ; tahap ini seringkali dimaksud dengan Final Piala Dunia. Bagian penyisihan, yg sekarang digelar kurun waktu tiga tahun mendekati Piala Dunia, diselenggarakan untuk tentukan team manakah yg akan berhasil ke kompetisi, bersama-sama negara tuan-rumah.

Dua puluh kompetisi Piala Dunia FIFA udah dimenangkan oleh delapan timnas berlainan. Brasil udah memenangkan Piala Dunia sekitar lima kali, serta adalah hanya satu team yg lewat cara teratur ikuti tiap-tiap kompetisi. Juara Piala Dunia yang lain yaitu Italia serta Jerman dengan empat titel juara ; a Argentina, Uruguay serta Perancis dengan dua titel juara ; dan Inggris serta Spanyol semasing dengan satu titel juara.

Piala Dunia yaitu satu diantaranya laga olah-raga yg sangat banyak ditonton didunia, bahkan juga melebihi Olimpiade ; diperhitungkan 715, 1 juta orang di semuanya dunia lihat kompetisi final Piala Dunia FIFA 2006 yg diselenggarakan di Jerman. 1 Dua Piala Dunia seterusnya akan digelar di Rusia pada 2018 serta di Qatar pada 2022.

1. Tidak bisa “nge-seks” saat Piala Dunia 


Beberapa negara peserta Piala Dunia melarang keras pemainnya lakukan hubungan seksual saat acara Piala Dunia berjalan. Negara itu diantaranya merupakan Jerman, Meksiko, serta Chili. Menurut beberapa pelatihnya, sex bisa mengganggu konsentrasi serta kuras daya pemain.

Akan tetapi, larangan ini tidak laku buat beberapa team yang lain, seperti Brazil serta Amerika. Seperti dikutip dari washington post, pelatih tim nasional Amerika, Juergen Klinsmann, memperbolehkan beberapa pemainnya lakukan sex dengan teratur.

2. Dilihat oleh separuh masyarakat dunia. 


Menurut data dari FIFA, hampir 3,2 milyar masyarakat dunia melihat laga Piala Dunia – jumlahnya masyarakat dunia seputar 7 milyar jiwa. Setiap masyarakat itu rata-rata melihat laga berdurasi lebih dari 1 menit.

Dari jumlahnya itu, 2 milyar masyarakat melihat setiap laga dengan waktu lebih dari 30 menit.

3. Lebih dari 3 juta botol bir terjual. 


Pada gelaran Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, lebih dari 3 juta bir serta seputar 400.000 hot dog terjual di seputar stadion tempat laga diselenggarakan.

4. Berhadiah juta-an Dollar 


Tidak hanya tropi Piala Dunia, pemenang pertama arena ini memiliki hak memperoleh hadiah uang sebesar 35 juta Dollar Amerika! Runner up akan membawa pulang 25 juta Dollar. Buat tim nasional yang masuk dalam 32 besar, mereka bisa hadiah hiburan sebesar 8 juta Dollar.

5. Ledakan jumlahnya masyarakat. 


Kenyataan menarik yang lain, masyarakat negara sebagai tuan-rumah Piala Dunia alami kenaikan jumlahnya masyarakat sesudah acara Piala Dunia. Sembilan bulan sesudah jadi tuan-rumah Piala Dunia 2006, masyarakat Jerman makin bertambah lebih dari 10%!

Angka itu jauh diatas kejadian bertambahnya masyarakat Jerman semenjak negara ini masuk dengan Uni Eropa pada 2006.

Dua argumen yang melatarbelakanginya: dampak bir serta eforia Piala Dunia yang mengakibatkan penambahan hormon kesuburan.

6. Jarak antar stadion begitu jauh. 


Dibanding dengan moment Olimpiade, jarak antar stadion laga sama-sama berjauhan sepak bola berjauhan. Menjadi contoh, pada Piala Dunia 2014 Brasil, jarang pada satu stadion dengan stadion yang lain rerata berjarak 3200 km.!

7. Piala Dunia Brasil 2014 merupakan piala dunia termahal. 


Menurut data yang didapat dari Bloomberg, Brasil habiskan biaya lebih dari 15 milyar Dollar untuk mengadakan acara 4 tahunan ini. Menjadi perbandingan, tersebut biaya Piala Dunia sebelum Piala Dunia 2014:

1994 (Amerika) – 30 juta Dollar

1998 (France) – 340 juta Dollar

2002 (Jepang – Korea Selatan) – 5 milyar Dollar

2006 (Jerman) – 6 milyar Dollar

2010 (Afrika Selatan) – 4 milyar Dollar

Beruntungnya, juga dari data Bloomberg, biaya yang di keluarkan Brasil itu dapat tingkatkan penghasilan per kapita penduduknya sebesar 0,4% saat 5 tahun sesudah Piala Dunia diadakan!

8. Team Eropa menguasai final. 


Saat 19 kali Piala Dunia diadakan, tim-tim negara Eropa sukses ke final sekitar 17 kali.

9. Brasil serta Italia sangat banyak menang.

Brasil sudah memenangi tropi Piala Dunia sekitar 5 kali (periode 1958 – 2002) serta Italia sukses menghimpun 4 tropi. Ke-2 negara itu disusul oleh Jerman (3 kali) serta Uruguay (2 kali).

10. Pemain dengan gol paling banyak pada sebuah laga. 


Penyerang tim nasional Rusia, Oleg Salenko, sukses menceploskan 5 gol pada sebuah laga waktu melawan Kamerun di babak group pada Piala Dunia 1994. Golnya menghantarkan Rusia memenangkan laga dengan score akhir 5 – 1.

11. Gol paling banyak pada sebuah laga. 


Hungaria menaklukkan Hungaria dalam laga menantang El Salvador di Piala Dunia 1982 dengan score 10 – 1.

12. Gol paling banyak saat acara Piala Dunia. 


Penyerang tim nasional Brasil, Ronaldo, serta penyerang Jerman, Miraslov Klose, jadi top skorer selama hidup Piala Dunia. jointly hold the record for most goals scored in multiple World Cup tournaments. Both players have manage to slip 15 goals past the keeper.

13. Gol Paling cepat selama hidup. 


Pada Piala Dunia 2002, penyerang Turki, Hasan Syukur, cetak gol cuma 11 detik semenjak peluit kick-off ditiup.

14. Kartu merah paling cepat. 


Bek Uruguay, Jose Batista, jadi pemain paling cepat yang memperoleh kartu merah. Dia diusir keluar oleh wasit pada detik ke-56 sesudah menekel dari belakang gelandang Skotlandia, Gordon Strachan.


15. 2026, babak group akan dibarengi 48 team. 


Berdasarkan perkataan dan prediksi hk yang telah keluar pada senin 13 november 2018 di sosial media sah FIFA, pada Piala Dunia 2026, babak group yang sebelumnya menghadapkan 32 team akan bertambah jadi 48 team.

No comments:

Post a Comment